Pertanian Organik bagi Lingkungan dan Kehidupan yang Lebih baik

Pertanian organik merupakan sistem pertanian dimana bertujuan untuk melindungi alam dengan menggunakan bahan pertanian yang bebas bahan kimia. Dalam pertanian yang organik ini, semua tahap dalam pertanian dilakukan tanpa adanya bahan kimia didalamnya, mulai dari pemilihan benih, pupuk yang digunakan, pengusiran hama, penyakit sampai pada tindakan sehabis panen. Tujuan dari pertanian organik ini selain untuk melindungi alam serta menjaga kesimbangan lingkungan, juga untuk menghasilkan berbagai produk pertanian atau bahan pangan yang bebas dari zat kimia yang berbahaya dan tentunya aman bagi kesehatan.Konsep dari pertanian yang bersifat organik ini adalah penggunaan semua input yang asalnya dari pertanian yang organik itu sendiri.

hindustantime.com

Syarat – Syarat Pertanian Organik

Dalam pertanian yang bersifat organik ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar pertanian yang organik ini sesuai dengan stardard pertanian organik yang baik. Yang pertama adalah pemilihan benih yang bukan dari hasil rekayasa genetika. Selain itu, menghindari penggunaan pestisida sintesis dan juga pupuk anorganik (buatan). Penggunakan kedua hal tersebut dangat dihindari dan bahkan dilarang dalam pertanian yang bersifat organik ini karena pengunaaan kedua barang tersebut mampu menyebabkan pencemaran yang tinggi baik itu pencemaran tanah, air dan udara. Disarankan dalam penggunaan pupuk organik cair produksi PT Naturan Nusantara (NASA). Produk ini dirancang khusus untuk mencukupi nutrisi pada tumbuha. Anda dapat mendapatkan pupuk Nasa ini di berbagai distributor Nasa yang tersebar di seluruh indonesia. Sementara itu, engan dilarangnya penggunaan pestisida sintesis, maka pengendalian hama ini dilakukan dengan penggunaan musuh alami, varietas tahan, pestisida nabati dan cara lainnya yang masih selaras dengan alam. Untuk menjaga kesuburan tanah disarankan dengan memanam tanama yang punya perakaran dalam atau tanaman kacang-kacangan.

Prinsip – Prinsip Pertanian Organik

Prinsip pertanian yang organik ini merupakan sebuah dasar bagi perkembangan dan pertumbuhan pertanian yang organuk. Prinsip ini disi dengan sumbangan yang bisa diberikan oleh pertanian yang bersifat organik bagi dunia. Prinsip ini juga merupakan sebuah visi yang ingin dituju guna meningkatkan segala aspek di pertanian secara global. Hal ini dikarenakan karena pertanian ini merupakan sebuah hal yang mendasar bagi manusia sebab semua manusia perlu bahan pangan dari pertanian ini. prinsip prinsip tersebut menyinggung pula bagaimana sikap manusia dalam berhubungan dengan lingkungan maupun dengan orang lain yang mampu menentukan warisan bagi generasi yang akan datang. Disini, pertanian organik selsalu disarkan pada Prinsip Kesehatan, Ekologi, Keadilan, Perlindungan. Prinsip kesehatan sendiri menekankan pada pentingya meningkatkan kulitas kesehatan tanah, hewan, tanaman dan juga manusia sebagai suatu hal yang menjadi satu dan tak terpisahkan. Prinsip ekologi menempatkan pertanian yang organik dalam sistem ekologi kehidupan. Prinsip Keadilan ini menekankan keharusan untuk membangun hubungan yang menjamin keadilan bagi lingkungan dan manusia. Sedangkan untuk prinsip perlindungan, menekankan pada pertanian yang organik ini harus dikelola secara berhati-hati dan penuh tanggungjawab agar menjaga kesehatan maupun kehidupan generasi yang akan datang dan juga lingkungan.

Segala hal yang berhubungan dengan pertanian organik tadii haruslah dilaksanakan guna mendaptkan kualitas kehidupan yang lebih baik, bagi untuk generasi saat ini dan yang akan datang. Manfaat lainnya adalah menjaga lingkungan ini agar tetap lestari bagi kehidupan kita. Untuk mendukung tercapainya prinsip-prinsip pertanian yang organik ini, haruslah didukung dengan pelaksanaan syarat sebuah pertanian yang bersifat organik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *