Kartu Kredit dalam Perkembangan Metode Pembayaran dari Masa ke Masa

Metode pembayaran dari masa ke masa mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang sangat pesat serta besar. Jika dahulu dikenal sistem barter dalam dunia pembayaran, lalu muncullah sistem uang tunai, sekarang muncul sistem penbayaran yang lebih prakitis dan baru lagi. Salah satu sistem pembayaran yang baru adalah sistem pembayaran menggunakan kartu kredit. Sekarang Anda dapat membeli semua barang hanya dengan menggunakan kartu persegi panjang ini. Mulai dari membayar belanja di supermarket, membayar pulsa murah, membayar tagihan listrik dan lain sebagainya, dapat dilakukan melalui kartu kredit. Yang dulunya bila ingin mendapatkan sesuatu kita harus barter, atau harus menyediakan uang tunai untuk bertransaksi, sekarang sudah tidak perlu dengan adanya kartu kredit tersebut.

Sejarah Kartu Kredit di Dunia dalam Metode Pembayaran dari Masa ke Masa

Adanya kartu kredit ini menjadi salah satu perkembangan besar dalam metode pembayaran dari masa ke masa. Sejarah perkembangannya di dunia dimulai sekitar tahun 1900-an saat beberapa perusahaan, misalnya supermarket dan SPBU di Amerika Serikat telah mengenalkan sistem kredit lewat kartu belanja. Setelah itu tahun 1946, dengan dipelopori institusi perbankan di Amerika Serikat, lahirlah sistem pembayaran kredit. Perkembangan metode pembayaran selanjutnya adalah ditemukannya Diners Club Card pada 1949. Baru setelah itu muncullah kartu kredit pertama yang diterbitkan oleh Bank of Amerika (VISA). Tahun 1960-an lalu terjadilah ekspansi dan edukasi yang sangat besar mengenai manfaat dan keuntungan penggunaan kartu kredit. Karena ekspansi yang sangat besar tersebut, akhirnya kartu kredit ini sampai ke berbagai negara-negara di dunia. Mulai dari negara di Benua Eropa, Benua Eropa, hingga akhirnya Asia.

Sejarah Kartu Kredit di Indonesia dalam Metode Pembayaran dari Masa ke Masa

Setelah kartu kredit ini mulai berkembang di seluruh dunia, akhirnya masuk juga ke Indonesia. Sistem ini mampu menganti sistem uang tunai yang sebelumnya dianut oleh masyarakat dunia maupun Indonesia. Masyarakat Indonesia pun menerima adanya kartu kredit ini terutama masyarakat di kota besar karena segala manfaat yang lebih banyak didapatkan daripada sistem atau metode pembayayaran sebelumnya yakni sistem uang tunai. Kartu kredit ini mulai masuk di Indonesia sekitar tahun 1980 yang dikenalkan oleh Bank Duta sebagai metode pembayaran baru. Perkembangan metode pembayaran kartu kredit ini dulu masa awalnya dipelopori oleh Bank Duta, namun setelah itu bank tersebut tidak dapat bertahan lama. Masa perkembangan metode pembayaran ini akhirnya dikembangkan atau dilanjutkan oleh bank-bank lainnya seperti BCA, BNI, Mandiri, dan bank lainnya.

Sejarah Kartu kredit dalam metode pembayaran dari masa ke masa ini mempunyai jalan yang sangat panjang. Dahulu untuk mendapatkan metode pembayaran ini Anda harus lolos dari berbagai syarat yang sangat ketat. Prasyaratnya meliputi tabungan, jabatan, sampai dengan status sosial pun diperhitungkan. Meskipun dahulu untuk memperoleh kartu Kredit ini sangat sulit, masa sekarang untuk memperoleh kartu kredit ini sangat mudah dan hampir semuar orang mempunyainya. Disaat dulu Anda harus membawa uang tunai Anda kemana-mana, dan itu tidak efektif, sekarang telah ada kartu kredit yang sangat mudah dibawa, kecil dan efisien sekali sebagai metode pembayaran masa kini. Walaupun Anda telah mempunyai Kartu kredit, Anda harus semakin berhati—hati menggunakannya, jangan sampai karena metode pembayaran ini anda menjadi lebih boros dari pada Anda menggunakan uang tunai sebelumnya sebagai metode pembayaran utama Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *