Masjid di Indonesia Menjadi yang Terbesar di Asia Tenggara

Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduknya muslim. Sehingga di Indonesia banyak masjid dan mushola. Tak terhitung jumlah masjid dan mushola yang ada di Indonesia. Di setiap desa pasti memiliki puluhan mushola dan setidaknya 2 masjid. Di setiap RT bahkan mempunyai mushola masing-masing. Jelas tak terhitung jumlah masjid maupun mushola karena terlalu banyak. Tak hanya masjid-masjid dengan bangunan modern, masjid kuno peninggalan sejarah pun masih ada disini. Banyak juga diantara masjid-masjid di Indonesia yang menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia memang menjadi negara dengan mayoritas penduduknya muslim. Tak hanya satu, ada 4 masjid di Indonesia yang merupakan masjid terbesar di wilayah Asia Tenggara diantara 7 masjid terbesar. Urutan pertama bahkan ditempati oleh Indonesia.

Masjid di Indonesia Pertama yang Terbesar di Asia Tenggara

Meski Indonesia masih tergolong negara berkembang, namun pembangunan di kota-kota besar sudah maju pesat. Salah satunya yakni pembangunan masjid-masijd di Indonesia. Dengan mayoritas penduduknya adalah islam maka pemerintah tentu akan lebih perhatian dengan pembangunan masjid. Sehingga banyak masjid yang berdiri megah dan modern. Banyak diantaranya bahkan menjadi masjid terbesar. Hal ini diukur berdasarkan kapasitas jamaah yang bisa ditampung. Masjid di Indonesia pertama yang mana merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara adalah Masjid Istiqlal yang ada di Jakarta. Masjid ini bisa menampung sebanyak 200.000 jamaah dengan luas masjid 95.000 m2. Masjid yang sudah ada sejak 1978 ini juga memiliki desain yang modern. Masjid Istiqlal sering dikunjungi oleh presiden Barrach Obama dan bahkan Pangeran Charles. Terang saja, masjid ini sangat berarti bagi masyarakat Indonesia karena masjid juga dibangun untuk memperingati kemerdekaan RI.

3 Masjid di Indonesia yang Terbesar di Asia Tenggara

Selain masjid Istiqlal, berikut ini adalah masjid terbesar ke-3, ke-4, dank e-5 di Asia Tenggara yang berasal dari Indonesia.

  • Masjid Agung, Surabaya

Masjid Agung Surabaya tergolong masjid yang masih baru dibandingkan masjid Istiqlal. Masjid ini berdiri pada tahun 2000. Masjid yang di dominasi oleh warna cream dan hijau toska ini mampu menampung sebanyak 59.000 jamaah. Lahan masjid ini seluas 18.800 m2. Berbeda dengan masjid lainnya, masjid Agung ini memiliki sebuah menara yang juga memiliki lift. Pengunjung yang ingin melihat kota Surabaya dari atas menara tidak akan lelah karena adanya lift.

  • Masjid Islamic Center, Samarinda
  1. Masjid Islamic Center di Samarinda merupakan masjid terbesar ke-4 di Asia Tenggara. Masjid ini terletak di Kalimantan Timur. Letak masjid agaknya berbeda dengan kebanyakan masjid karena ada di pinggir perairan. Namun masjid ini terlihat cantik dengan banyaknya menara di berbagai sudut masjid yang menjulang tinggi. Masjid ini mampu menampung 40.000 jamaah.
  • Masjid Agung Baiturrahman, Aceh

Siapapun pasti ingat dengan masjid ini. Masjid Baiturrahman Aceh ini adalah salah satu bangunan yang tetap berdiri megah saat teradi Tsunami tahun 2004. Masjid Baiturrahman ini dinobatkan sebagai masjid terakhir di Indonesia yang terbesar di Asia Tenggara dengan kemampuannya untuk menampung 30.000 jamaah.

Itulah masjid di Indonesia yang mana menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid dari Indonesia tak hanya terbesar tetapi juga cantik, tentu tak lepas dari bantuan kontraktor kubah masjid yang memiliki kreatifitas tinggi dalam pembangunan masjid-masjid di Indonesia. Berkat bantuan para kontraktor sehingga  masjid tetap berdiri kokoh dan megah walau diterjang bencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *